Sejarah Blog dan Perkembagannya di Zaman Modern


Blog menjadi populer sejak tahun 2002. Blogger.com dicatat sebagai pelopor pertamanya. Sejak pertama kali dipopulerkan, dunia blog berkembang pesat. Kata blog, yang bahkan belum dikenal sekitar lima belas tahun lalu, kini menjadi salah satu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Blog menjadi tren sekaligus cirri paling kental dari masyarakat modern era cyber, seperti saat ini. Puluhan juta orang memiliki blog yang berisikan berbagai macam hal, mulai dari curhatan pribadi, hobi, musik, olahraga, buku, hingga tulisan-tulisan serius seputar tema-tema yang serius pula. Lalu, bagaimana sebenarnya asal usul dan sejarah blog?

Blog berasal dari kata “weblog” yang merupakan singkatan dari “logging the web” yang berarti “masuk ke dalam sebuah web”. Walau hingga tahun 1999 kata blog belum dikenal oleh masyarakat dunia, namun kegiatan blogging dipercaya sudah ada sejak internet diciptakan. Kegiatan blogging pertama di dunia dilakukan oleh seorang bernama Justin Hall pada tahun 1994 di web pribadi miliknya. “Links.net”, alamatnya.

Justin Hall adalah seorang warga negara Amerika yang ketika itu masih berstatus sebagai mahasiswa di Swarthmore College. Web Hall itu akrab disebut sebagai “buku harian online”. Di dalamnya berisi berbagai hal tentang dirinya. Web itu sifatnya personal. Karenanya, walau saat itu belum dikenal istilah blog dan karenanya web milik Hall itu tak bisa disebut sebagai blog. Namun, mempertimbangkan konten dan sifatnya yang personal, web itu disebut-sebut sebagai cikal bakal munculnya blog.

Barulah pada tahun 1997, kata weblog mulai lahir ketika seorang programmer bernama Jorn Barger membuat sebuah web yang dinamakannya “Robot Wisdom”. Kata yang diciptakan oleh Berger ini ternyata mendapat respon positif dan mulai digunakan oleh para pengguna internet.

Jorn Barger dengan Robot Wisdom-nya yang begitu populer saat itu kemudian menginspirasi Peter Merholz (programmer asal Amerika) pada tahun 1999 untuk menciptakan istilah populer baru berupa “weblog”. Merholz sangat tertarik dengan kegiatan weblog. Istilah weblog ‘pun ia singkat lagi menjadi wee-log yang kemudian ia persingkat lagi menjadi kata “blog”. Dan istilah blog ‘pun langsung populer.

Selanjutnya, upaya pengembangan blog tak lagi menjadi sebatas hobi sebagaimana dilakukan oleh Hall, Barger dan Merholz. Namun, popularitas blog menarik perhatian Pyra Labs (sebuah perusahaan di bidang aplikasi komputer yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan) untuk menjadikannya sebagai salah satu sayap bisnisnya. Sehingga, pada musim panas tahun 1999, layanan aplikasi web bernama “Blogger.com” untuk pertama kali dikembangkan oleh Pyra Labs. Dan blog ‘pun masuk ke ranah bisnis aplikasi komputer yang menggiurkan.

Setelah tiga tahun berada di bawah pengelolaan Pyra Labs, akhir tahun 2002, ‘Sang Raksasa Mesin Pencari’ bernama Google mengakuisisi Blogger.com. Maka, sempurnal ‘lah blog menjadi tren bisnis baru di ranah aplikasi komputer. Berbagai upaya pengembangan dan inovasi dilakukan oleh Google. Sehingga, sejak saat itu, blog sangat populer dan menjadi tren masyarakat dunia.

---

Blog merupakan singkatan dari “web log”, yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Sejarah blog di internet bermula dari kehadiran situs yang memuat link-link komentar.

Mulai dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas, juga dari anak-anak sampai dewasa, internet sudah merajalela. Tersedianya fasilitas internet yang memudahkan penggunanya, membuat internet semakin banyak yang memakai.

Kemudahan memakai internet sudah terasa saat ini. Tahun-tahun sebelumnya internet sangat jarang yang memakai, hanya orang-orang tertentu saja yang memakainya, yang mempunyai jaringan internet. Harga pemasangan internet yang terlampau mahal, membuat masyarakat berpikir ulang untuk memasangnya.

Selain itu, internet hanya dapat dijumpai di tempat rental atau sering disebut warnet, warung internet. Harga sewanya pun cukup mahal. Jadi, orang yang pergi ke warnet benar-benar kebutuhan karena ada keperluan.

Bandingkan dengan saat ini. Jaringan internet tidak susah untuk ditemui. Semakin canggih peralatan teknologi, semakin memudahkan orang untuk terhubung dengan internet. Mulai dari banyaknya modem, salah satu alat yang menghubungkan jaringan internet sampai banyaknya tempat-tempat yang memasang wifi, sehingga dapat menggunakan internet secara gratis.

Tidak hanya itu saja, ponsel dengan fasilitas internet juga sudah banyak beredar di Indonesia. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli ponsel yang ada fasilitas internetnya. Sekarang ini, banyak ponsel murah yang sudah dilengkapi dengan fasilitas internet, seperti ponsel bermerk.

Kemudahan mendapatkan jaringan internet membuat masyarakat Indonesia mengenal dunia internet, terutama jejaring sosial yang saat ini sangat digemari oleh penduduk dunia.

Tujuan utama adanya internet adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan berkomunikasi dan mempermudah mencari sebuah informasi. Akan tetapi, saat ini banyak penyalahgunaan internet, yang berdampak pada manusia itu sendiri.

Perkembangan zaman yang semakin canggih menghasilkan produk-produk yang canggih juga. Dengan kecanggihan tersebut memudahkan manusia untuk berinteraksi atau bersosialisasi dengan seseorang yang jaraknya jauh.

Kecanggihan teknologi yang semakin cepat menuntut manusia untuk hidup serba mudah dan cepat, termasuk di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari teknologi tersebut sangat besar dan mempengaruhi semua aspek kehidupan.

Kehidupan politik, ekonomi, sosial-budaya, agama, dan pendidikan, semua terpengaruh oleh adanya kemajuan teknologi tersebut. Jadi, apabila ada orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, maka orang tersebut akan ketinggalan zaman. Salah satunya adalah dunia internet.

Intinya, sekarang ini, orang untuk mengenal dan masuk ke dalam dunia maya itu sangat mudah karena adanya fasilitas yang mendukung, seperti ponsel. Selain itu, tersedianya modem yang harganya semakin murah dan banyaknya tempat yang menyediakan wifi, juga memudahkan orang untuk terhubung ke dunia maya.

Jejaring sosial sudah menjadi trend atau sudah popular, terutama di kalangan anak-anak remaja. Mereka bersosialisasi dengan teman-temannya melalui jejaring sosial, baik teman yang dikenal atau pun teman yang belum pernah bertemu.

Maraknya jejaring sosial juga berdampak pada perubahan lingkungan, terutama dalam bidang sosial. Orang-orang dapat bersosialisasi dengan teman-temannya tanpa harus bertemu. Bahkan orang tersebut dapat bersosialisasi dengan orang yang belum pernah bertemu.

Hal tersebut menjadikan seseorang mendapatkan teman yang banyak, meskipun berbeda daerah atau negara, dan dapat berkomunikasi dengan seseorang yang jauh dari tempat kita.

Dari bidang bisnis, jejaring sosial sangat membantu para pembisnis untuk menawarkan produknya. Lihat saja di jejaring sosial, sekarang sudah banyak toko on line yang beroperasi.

Banyak dampak positif dengan adanya jaringan internet, terutama jejaring sosial. Akan tetapi, perlu diperhatikan dampak negatifnya juga dengan adanya jaringan internet dan kembali lagi pada pengertian internet menurut para ahli, bahwa internet adalah sebuah layanan informasi dan komunikasi.
Sejarah Blog

Website adalah temuan unik dari kemajuan teknologi informasi. Untuk dapat berselanjar di dunia maya, kita membutuhkan suatu alamat yang bersifat unik, artinya alamat itu tidak ambigu dan hanya menuju ke satu tempat. Bagi Anda yang sering berkeliling di dunia maya, pastilah sudah mengenal luar dalam tentang website.

Website sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika kita ingin mencari sebuah informasi di internet, kita pasti mengetik nama alamat yang dituju di web browser, contohnyawww.google.com.

Website adalah gabungan atau kumpulan halaman dari sebuah situs. Situs berada di World Wide Web atau sering disingkat WWW. World Wide Web itu sendiri adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan menyediakan berjuta-juta informasi.

Web diciptakan oleh sebuah organisasi di Eropa, yaitu CERN. Demi kemudahan komunikasi dan penyaluran informasi antar anggota yang tersebar di seluruh dunia, para peneliti CERN menciptakan sebuah sistem distribusi yang bisa menampilkan informasi dalam bentuk grafik, gambar atau suara. Sebagai media penyajiannya, dibuatlah web browser yang bisa diakses oleh semua pengguna.

Web browser pertama kali dibuat hanya berbasiskan teks pada komputer saat itu. Namun, penggunaan web browser tersebut perlahan-lahan ditinggalkan sejak kedatangan web browser yang bernama Mosaic.

Mosaic merupakan hasil dari sebuah penelitian yang lebih baik, karena memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya juga sudah berbasis grafik. Kemudian, kepopuleran Mosaic digantikan oleh Netscape Navigator ciptaan Silicon Graphics. Microsoft juga ikut meramaikan hadirnya web browser bernama Internet Explorer.

Pada 1994, Netscape Navigator merupakan web browser yang banyak digunakan selain Internet Explorer. hingga kini banyak web browser selain Explorer dan Netscape, di antaranya Mozilla Firefox buatan Mozilla Corporation dan Opera buatan Opera Software ASA.

Dengan web browser seperti Netscape, Internet Explorer, Mozilla Firefox atau Opera, kita akan mendapatkan tampilan situs yang penuh warna, bisa melihat cuplikan video dan suara asalkan komputer kita mempunyai fasilitas tambahan berupa VGA carddan sound card.

Website itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu website statis dan website dinamis. Website statis adalah website yang informasi didalamnya tidak dimaksudkan untuk diperbarui. Website ini biasanya memiliki seorang atau sebuah tim administrator yang menangani penggunaan software editor. Sedangkan website dinamis adalah website yang informasi di dalamnya diperbarui secara berkala.

Penggunaan website ini biasanya berhubungan dengan pengguna publik yang membutuhkan interaksi dua arah (antara administratorwebsite dengan pengguna). Misalkan, kita mengisi sebuah form, setelah kita klik submit, halaman website akan terhubung ke halaman baru yang menerangkan informasi yang telah kita input ke form yang kita isi sebelumnya.

Pertama kali istilah blog digunakan Jorn Barger sekitar Desember 1997. Ia menggunakannya untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diisi secara berkala dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai komentar pemiliknya. Kini, blog dapat berupa sekumpulan konten (teks, foto, video) yang diposting pengelolanya.

Pada 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Sebab, diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang script, HTML, dan web hosting untuk membuat sebuah Blog. Namun, saat ini, kita tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menjadi seorang Blogger. Halaman weblog saat ini sudah sangat mewabah karena semakin mudah dalam membuatnya. Hingga saat ini, tidak sedikit pengguna internet yang memiliki sebuah blog yang terus update setiap hari.

Layanan media blog pertama kali dipopulerkan Blogger.com, yang dibeli oleh Google pada akhir 2002. Sejak itu, banyak aplikasi yang bersifat terbuka alias gratis (open source) yang dapat digunakan pengguna internet dari kalangan awam sekali pun.
Fungsi Blog

Blog memiliki fungsi yang beragam. Dari sekadar catatan harian, media publikasi kampanye politik, hingga marketing perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara seorang penulis tunggal, sementara sebagian yang lain dikelola beberapa penulis.

Kemajuan di bidang media blog ini menuntut setiap blogger mampu menyediakan fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, sehingga para pengunjung dapat meninggalkan berbagai komentar atas isi dari konteks yang dipublikasikan.

Komunitas Blogger (sebutan bagi para pemilik Blog) adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para Blogger yang ada berdasarkan kesamaan tertentu, seperti kesamaan topik yang dibahas, kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan lain sebagainya.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk Blogging) dilakukan hampir setiap waktu untuk memelihara eksistensi pemilik Blog. Sekarang ada lebih dari 10 juta Blog yang bisa ditemukan di internet.

Para Blogger masih akan terus berkembang seiring dengan bergulirnya waktu karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan penyedia layanan pembuat Blog gratis di internet yang mempermudah mereka untuk membuat dan merawat Blognya. Di Indonesia sendiri, Blog semakin marak dibuat seiring dengan banyaknya pengguna internet yang bertambah setiap harinya.

Saat ini, para Blogger tidak hanya berasal dari kalangan web developer atau administrator saja, namun makin beragam. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran banyak menggunakan blog sebagai media penyampaian ide-ide kreatif mereka.

Ini semua didukung juga dengan banyaknya penyedia jasa layanan pembuat blog gratis yang dapat ditemukan secara mudah di internet. Selain itu, blog mempunyai berbagai macam manfaat bagi penggunanya, yaitu sebagai berikut.

  • Pemeliharaan ide dari kepunahan.
  • Ajang pembuktian diri.
  • Menambah wawasan.
  • Kualitas ilmu terus meningkat.
  • Hidup semakin dewasa.
  • Menghasilkan keuntungan material.
  • Luas Jaringan.
  • Mendapatkan keuntungan spiritual, emosional, dan sosial.

Asal mula sejarah blog modern kadang masih menjadi perdebatan.

Setelahsedikit memahami tentang pengertian blog, sebelum belajar tentangcara membuat blog, mungkin ada baiknya kalau kita sedikit menilik sejarah blog, yah.

Cikal bakal dari blog modern awalnya adalah semakin banyaknya website maupun halaman yang saling berhubungan satu sama lain begitu pula saling bertukar komentar hingga semakin meningkatkan komunitas blog. Dari situlah blog modern mulai berkembang.

Tim Berners-Lee, penggagas the World Wide Web, pertama kali memposting pada halaman web pada tahun 1992 di CERN (European Organization for Nuclear Research) yang terus berkembang menjadi sebuah daftar semua website online baru.

Pusat Supercomputing Aplikasi Nasional (NCSA) mulai memiliki daftar situs-situs baru pada Juni 1993. Terutama situs penyedia entri yang disusun berdasarkan tanggal dan link-link baru termasuk komentar-komentar. Layanan ini akhirnya diambil alih oleh Netscapeyang kemudian menjadi situs web yang sangat lebih populer pada masanya.

Justin Hall Meluncurkan Home Page Justin yang kemudian mencoba membuat link-link secara sembunyi-sembunyi. Website Justin menerima link dan menulis review untuk website lain.

Kemudian pada 10 Januari 1996, Justin Hall mulai menulis komentar berupa jurnal online setiap hari. Meskipun posting artikel hariannya baru terhubung ke bagian index page saja. Dalam jurnalnya dia menulis Suatu hari, sebelum saya tidur, Saya pikirkan tentang hari saya, dan bagaimana permasalaha-permasalahan saya, dan saya menulis sedikit tentang apa yang telah memberikan saya pelajaran untuk menghadapinya..

Di Februari 1996, Winer Menulis sebuah web blog bertema 24 jam Proyek Demokrasi.

Kemudian bulan Aprilnya, Winer meluncurkan sebuah web page baru bagi pengguna Software Frontier yang berkembang menjadi Scripting News di tahun 1997, yang merupakan salah satu dari web blog tertua yang masih ada di internet sampai hari ini. Perusahaan tersebut merilis Radio Userland, salah satu software blogging yang pertama.

Setelah Jorn Barger memperkenalkan ketentuan-ketentuan weblog menjadi syarat penggunaan yang populer pada Desember 1997, Blogging yang kita ketahui saat ini mulai terus ditingkatkan dan dibangun. Ini merupakan satu sejarah blog penting dalam perkembangannya.

Pada November 1998, Cameron Barrett mempublikasikan daftar blog pertamanya di Camworld.

Sebenarnya masih ada beberapa tahapan sejarah blog setelah November 98, tapi untuk singkatnya saja yah hehe… Sejarah singkatnya, pada Agustus 1999, Pyra Labs, yang saat ini dimiliki oleh Google, meluncurkan layanan blogging gratis Blogger yang pada awalnya telah menghadirkan peralatan yang sangat mudah bagi semua orang untuk mensetup sebuah blog. Layanan blog lainnya mulai bermunculan seperti Pitas dan Groksoup.

Setelah berjalan 12 bulan, blogging mulai mendunia, perusahaan-perusahaan baru bermunculan begitu juga tools-tools blogging. Setelah melangkah lebih jauh, semuanya menjadi sejarah blog dan mungkin saat ini kita menjadi bagian di dalamnya.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
http://www.anneahira.com/sejarah-blog.htm
http://myblogmylife.blogdetik.com/cara-membuat-blog/sejarah-blog/
http://top10informasi.blogspot.com/2013/01/sejarah-perkembangan-blogger-dan.html

Perhatian

Isi dari blog ini merupakan kumpulan/rangkuman dari berbagai sumber referensi sebagaimana tersebut diatas. Apabila terjadi kesalahan dalam penyantuman atau kelupaan harap memberitahu admin segera. About
Terima Kasih. JAS MERAH!

1 komentar:

NewRandom

Blog Kumpulan Sejarah | Template Modified by Hack4rtBlogger-Tuts - SEOKARNO - SEO Dengan Blogspot